Waspada Maraknya Akun Palsu, Sosial Media begini Caranya Hadapi Penipuan -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Conected

banner 336x280

Waspada Maraknya Akun Palsu, Sosial Media begini Caranya Hadapi Penipuan

Jumat, 12 Juni 2020


Pronews.co.id. Wajo - pengguna Sosial media waspada dengan adanya akun palsu. Semakin hari semakin banyak modus penipuan melalui sosial terutama di facebook, kita sebagai pengguna sosial media facebook harus lebih cerdas dan bijak.

Sebenarnya semua itu kuncinya ada pada diri kita sendiri, bagaimana agar kita tidak mudah tertipu. Yang paling penting adalah Iman. Jika kita kuatkan iman pasti tidak akan mudah tergiur segala bujuk rayu para modus.
Sudah sering para aktivis anti scam
mengingatkan, jika kita kenal dengan seseorang melalui dunia maya, jangan mudah percaya, diminta melalui no whatspp langsung dikasih.

Cobalah untuk lebih cerdas dan bijak. Jika kenal ajak video call, tapi video call yang asli. Karena video call juga bisa direkayasa dengan menggunakan dua hp. Video call itu tidak harus melalui WhatsApp, bisa langsung melalui messengger.

HATI-HATI modus penipuan baru dengan mengambil foto profil Anda dan membuat Account FB baru dengan nama Anda. Kemudian mereka meminta teman - teman di Facebook Anda untuk menjadi teman di account Facebook baru. Teman-teman Anda berpikir itu adalah Anda, sehingga mereka menerima. Sejak saat itu mereka dapat mengatakan apa saja dan memposting secara leluasa apa pun yang mereka inginkan dibawah nama Anda.

Dan untuk para bapak-bapak jika kalian di add akun foto cantik,
jangan mudah percaya. Apalagi menawarkan motor, Handphone dan mobil lelang dengan harga dibawah standar.

Coba ajak video call, suruhlah menunjukkan barang yang ditawarkan dan lingkungan sekitarnya. Karena polisi asli tidak pernah mengadakan lelang atau
menjual motor dan mobil secara online.

Semua itu jelas-jelas modus dan orang yang tidak bertanggung
jawab yang hanya menyalah gunakan foto milik aparat.

Ayo mulai sekarang coba lebih cerdas dan bijak, cari tahu kebenarannya terlebih dahulu, jangan mencari tahu setelah tertipu. Karena semua akan sia-sia jika sudah tertipu, uang pun tidak akan kembali.

akun-akun palsu yang kalian kenal, tak lain adalah para
penghuni lapas. Kalau sudah seperti ini apa masih
mau percaya begitu saja. Ayo yang cerdas lagi.
Sumber : cyiber Indonesia