Pemkab Wajo Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Banjir -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Conected

Pemkab Wajo Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Banjir

Senin, 08 Juni 2020



PRONEWS.CO.ID, WAJO - Pemerintah Kabupaten Wajo menetapkan status tanggap darurat bencana banjir yang melanda 11 kecamatan setelah dilanda hujan deras sejak sepekan terakhir.

"Penetapan status tanggap darurat itu hingga dua pekan ke depan, mulai Minggu 7 juni sampai 20 juni 2020,"kata Bupati Amran Mahmud saat jumpa pers di Kantor Bupati Wajo, Senin, 8 Juni 2020.

Penetapan status tanggap darurat itu untuk mengutamakan penyelamatan terlebih dahulu pasca-bencana agar tidak menimbulkan korban jiwa.

Penyelamatan itu, kata dia, antara lain penyaluran logistik, berupa sembako dan obat-obatan.

"Kami memfokuskan penanganan warga korban banjir agar tidak menimbulkan kerawanan pangan dan korban jiwa," katanya menjelaskan.

Menurut dia, pemerintah daerah kedepan akan merealisasikan bantuan tersebut,termasuk bambu dan perbaikan sarana gedung yang rusak.

Banjir yang menerjang 11 kecamatan di Kabupaten Wajo ini diantaranya Kacamatan Maniangpajo, Sajoangin,Belawa, Takkalalla, Keera, Pammana, Sabbangparu, Tanasitolo, Pitumpanua, Bola dan Tempe. Dan itu mengakibatkan ribuan warga terdampak dan mengungsi.

"Kami hingga kini belum bisa memastikan kerugian material akibat banjir itu, karena masih dalam pendataan," katanya. (EKO)

Editor: ANDI ILHAM